Catatan dari orang kecil

support

16 Feb 2016

Sistematika Karya Ilmiah

Mulai dijenjang SMA maupun Perguruan Tinggi, kita sering mendapatkan tugas untuk membuat suatu makalah dengan pembahasan tertentu. Namun, sebagian pelajar dalam menyelesaikan tugas tersebut hanya copas (copy paste) melalui internet. Hal itu mungkin dikarenakan dia tidak terlalu mengerti apa itu makalah, bagaimana cara membuat makalah yang baik dan benar atau dia tahu bagaimana membuat makalah tapi dia tidak bisa menulis dengan menuangakan ide/gagasannya sendiri.
Menulis merupakan suatu kegiatan menuangkan pikiran seorang penulis ke dalam media yang dapat dibaca oleh seorang pembaca. Media yang menjadi sasaran seorang penulis biasanya berupa karya tulis ilmiah, artikel, makalah, dan sebagainya. Menurut Henry Guntur Tarigan, menulis merupakan suaru represntasi bagian dari kesatuan-kesatuan  ekspresi bahasa.
Makalah sendiri termasuk dalam salah satu jenis karya tulis ilmiah. Makalah adalah satu jenis karya ilmiah yang membahas tentang suatu topik yang dilengkapi dengan penalaran logis dan pengorganisasian yang sistematis.


pada dasarnya suatu makalah mempunyai suatu struktur tersendiri dari jenis-jenis karya tulis ilmiah yang lain. Struktur pengorganisasian suatu makalah menganut kriteria dan pedoman suatu lembaga/instansi. Kriteria dan pedoman dari satu lembaga dengan lembaga yang lain tentulah berbeda. Contoh, suatu makalah yang menganut pedoman karya tulis ilmiah di Fakultas Syariah berbeda dengan pedoman karya tulis ilmiah di Fakultas Ekonomi.
Dari kriteria dan pedoman tersebut, kita bisa membuat makalah yang baik dan benar dengan isi dan sistematika sebagai berikut:
1.      Halaman sampul (Judul, Kegunaan makalah, Naama Dosen Pengampu Mata Kuliah, Logo Fakultas, Nama Penyusun, Nama Lembaga [Jurusan, Fakultas, Universitas] dan Tahun.
2.      Daftar Isi (hanya untuk makalah 15 halaman lebih). jika isi dari sebuah makalah kurang dari 15 halaman, tak perlu dibuatkan daftar isi. Daftar isi sendiri berisi judul dari bab, sub-sub bab dari sebuah makalah.
3.      Pendahuluan (berisi latar belakang penulisan makalah, rumusan masalah/focus bahasan, dan tujuan pembahasan). Gambaran umum dari pendahuluan biasanya merupakan batasan-batasan masalah dan pokok permasalahan, sehingga tepat mengena sasaran. Bagian rumusan masalah berisi uraian tentang masalah-masalah yang  hendak dipecahkan melalui penelitian. Uraian tersebut mengenai pertanyaan-pertanyaan yang akan dijawab di bab pembahasan.
4.      Pembahasan (berisi pembahasan tentang rumusan masalah yang diajukan dan dapat diatur dengan menggunakan sub-sub pembahasan).
5.      Kesimpulan.
Kesimpulan merupakan jawaban singkat atau hasil analisis dari rumusan masalah. Jika kesimpulan berupa essay atau satu dua paragraf, maka biasanya rumusan masalahnya juga dipastikan berupa essay atau paragraf.
6.      Daftar Pustaka.

Daftar Pustaka berisi kumpulan dari footnote, innote, endnote atau yang biasa disebut dengan catatan kaki dan susunnya dengan susunan yang berbeda dari catatan kaki tersebut.

Sistematika Karya Ilmiah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar

Komentarlah dengan bijak dan bahasa yang santun. NO SARA !