Catatan dari orang kecil

support

24 Feb 2016

Profil: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Universitas Islam Negeri (UIN) Malang adalah lembaga pendidikan tinggi milik negara yang secara administratif berada dalam tanggung jawab Departemen Agama R.I. dan Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). dan Sebagai lembaga pendidikan tinggi yang dinaungi oleh kedua departemen tersebut, maka Universitas Islam Negeri (UIN) Malang mengemban dua misi sekaligus, yaitu misi keilmuan dan keagamaan (dakwah).
Atas dasar itu, pengelolaan dan pengembangan UIN Malang diarahkan pada usaha untuk memenuhi kualifikasi keilmuan dan keagamaan (keislaman) melalui pendekatan integratif. Sebagai lembaga keilmuan, ia dituntut untuk dapat memenuhi tugas-tugas pendidikan dan pengajaran, peneltian, serta pengabdian pada masyarakat. Adapun sebagai lembaga keagamaan, UIN Malang mengemban misi mengejawantahkan semangat, ajaran, nilai-nilai dan tradisi Islam dalam konsep maupun implementasi pendidikannya.
Berpedoman pada pengembanan kedua tugas tersebut, maka misi pertama pendidikan di UIN Malang adalah untuk melahirkan sarjana yang memiliki empat kekuatan, yaitu kemantapan akidah dan kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu serta kematangan profesional. Dengan empat kekuatan itu UIN Malang mengdiealisasikan manusia yang berkarakter ulama yang intelek profesional dan intelek profesional yang ulama. Dalam pengertian ini, maka Sumber Daya Manusia (human resources) yang diharapkan di sini adalah mereka yang mampu memahami ajaran Islam secara mandiri dari sumber-sumber aslinya (kitab-kitab berbahasa Arab), menghayati, serta mengamalkan ajaran agama. Selain itu, mereka merupakan orang-orang yang menguasai beberapa disiplin ilmu sesuai dengan pilihan profesinya.

Visi
Menjadi universitas Islam terkemuka dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekokohan aqidah, kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan profesional, dan menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang bercirikan Islam serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Misi
1.    Mengantarkan mahasiswa memiliki kemantapan akidah dan kedalaman spiritual, keluasan ilmu dan kematangan profesional.
2.    Memberikan pelayanan dan penghargaan kepada penggali ilmu pengetahuan, khususnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni yang bernafaskan Islam.
3.    Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pengkajian dan penelitian ilmiah.
4.    Menjunjung tinggi, mengamalkan, dan memberikan keteladanan dalam kehidupan atas dasar nilai-nilai Islam dan budaya luhur bangsa Indonesia.

Tujuan
Universitas Islam Negeri (UIN) Malang bertujuan,
  1. Menyiapkan mahasiswa agar menjadi anggotra masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan / atau professional yang dapat menerapkan, mengembangkan, dan / atau menciptakan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni dan budaya yang bercirikan Islam
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni dan budaya yang bercirikan Islam, dan mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

Orientasi
Pengembangan universitas berorientasi pada usaha bersama untuk menghasilkan lulusan yang memiliki:
1.    kekokohan aqidah, kedalaman spiritual, dan keluhuran akhlak, (2) keluasan ilmu, dan kematangan profesional
2.    kecakapan untuk menerapkan, mengembangkan dan memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
3.    integritas tinggi, tanggung jawab terhadap kesejahteraan masyarakat, serta wawasan kebangsaan dan budaya Indonesia,
4.    kemandirian, daya-cipta, dan jiwa kewirausahaan.

Upaya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk:
1.    pengembangan ilmu agama, ilmu alam, teknologi dan humaniora secara kreatif dan inovatif untuk mewujudkan keunggulan bangsa.
2.    pemanfaatan pengetahuan ilmiah, teknologi dan humaniora untuk pembangunan nasional dan daerah, serta pemberdayaan masyarakat.
3.    pengayaan budaya dan peradaban untuk mendukung kemandirian dan keutuhan bangsa dan negara.

Upaya peningkatan pengelolaan dan sumberdaya universitas untuk:
1.    Transformasi organisasi dan pengelolaan universitas melalui penerapan kaidah kesatuan administratif kemandirian akademik (KAKA) untuk mendukung produktivitas dan efisiensi pelayanan.
2.    Penyediaan sarana-prasarana kampus untuk mendukung dengan keunggulan akademik dan relevansi program menuju universitas dengan baku-mutu dan reputasi internasional.
3.    Pengembangan jaringan kerjasama universitas untuk memperkuat kedudukan universitas sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang bercirikan Islam serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.


 Tradisi Pendidikan
1.    Tradisi Pendidikan UIN Malang adalah perpaduan antara pendidikan tinggi dan pendidikan pesantren (ma’had). Tradisi demikian senantiasa dikembangkan untuk mengantarkan para lulusan menjadi manusia yang memiliki kekokohan aqidah, kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan profesional.
2.    Tradisi pendidikan tinggi bertugas pokok melahirkan lulusan dengan sikap keilmuan dan profesionalisme (scientific attitude and professionalism). Karena itu, pengembangan seluruh komponen universitas diarahkan untuk memperkuat kedudukan universitas sebagai lembaga pendidikan akademik dan profesional.
3.    Tradisi pesantren bertugas pokok melahirkan lulusan dengan perilaku takwa dan budi pekerti mulia (akhlaqul karimah). Karena itu, pengembangan seluruh komponen ma’had diarahkan untuk memperkuat kedudukan ma’had sebagai pusat pengembangan kepribadian muslim yang penuh keimanan, berilmu mendalam, beramal shaleh, dan berbudi pekerti mulia.
4.    Tradisi pesantren juga dikembangkan sebagai wahana pendidikan kepemimpinan umat, sosialisasi multikultural, dan pengembangan kecakapan berbahasa Arab dan Inggris.

Tradisi Kebahasaan
1.    Tradisi kebahasaan mewajibkan setiap peserta didik universitas ini untuk menguasai sekurang-kurangnya dua bahasa asing, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, menjadi modal dasar untuk menjadi universitas bilingual.
2.    Keberhasilan mewujudkan universitas bilingual merupakan landasan untuk menjadi tidak hanya universitas Islam yang unggul, dengan tradisi perkuliahan berbahasa Arab sebagai bahasa ilmu-ilmu keagamaan Islam, tetapi juga menjadi dasar untuk menjadi universitas internasional, dengan tradisi perkuliahan berbahasa Inggris sebagai bahasa sains dan teknologi.
3.    Penguatan tradisi kebahasaan bilingual senantiasa dikembangkan dengan memberdayakan semua wahana pembelajaran, khususnya Ma’had Sunan Ampel al-’Aly, Program Khusus Pembelajaran Bahasa Arab (PKPBA), dan Program Khusus Pembelajaran Bahasa Arab (PKPBI), Self Access Center (SAC).


Profil: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar

Komentarlah dengan bijak dan bahasa yang santun. NO SARA !