Catatan dari orang kecil

support

22 Feb 2016

cara mengoptimalkan booting windows 7

Trik atau tips kali ini menyangkut pengoptimalan pada Windows 7, yaaps.. Cara percepat booting Windows 7. Meski terbilang windows yang cukup jadul karena sudah keluarnya windows 10 dan artikel seperti ini sudah banyak di dunia maya, saya Cuma mereview lagi karena dapet permintaan temen.. hehe
Ngomongin masalah kecepatan, banyak faktor yang mempengaruh kecepatan windows bahkan booting windows pun berpengaruh. Misalnya, software kita yang terlalu banyak baik dari sisi softwarenya maupun cachenya. Namun kalian bisa atasi dengan dua cara sebenernya yakni yang pertama kalian bisa mengUpgrade hardware seperti Processor, RAM, atau VGA. Dan yang kedua hanya melakukan pengoptimalan dari sisi Softwarenya.
Mengenai masalah hardwarenya saya tidak akan membahas kali ini, mungkin lain waktu dan atau karena masih mengacu pada judul. Oke, langsung saja disimak baik-baik:
1.    Ruang Bebas minimal 20%
Local Disk dimana yang terinstal Windows harus (Hukumnya Wajib) minimal 20% Free Space.
NB: Local Disk tersebut biasanya berlogo windows
(ss)
2.    Matikan beberapa Program yang tidak diperlukan.
a.    Tekan tombol windows + R pada keyboard, lalu ketikkan msconfig dan tekan enter atau klik OK. Pilih Startup pada tab System Configuration, lalu uncheck program-program windows yang benar-benar tidak ingin kalian jalankan ketika proses booting.
NB: biarkan program antivirus dan firewall tetap berjalan
b.    Pilih Boot pada tab System Configuration, lalu centang No GUI boot dan klik Apply lalu OK.
(ss)
3.    Defraglah Hard Disk secara continue.
Melakukan penDefragan secara continue ini untuk menata ulang file-file maupun data-data yang belum tertata rapi. Hal ini juga mencegah dari crash of hard disk meski kemungkinannya kecil tetapi punya manfaat tinggi.
NB: Cepat atau lambat proses Defrag tergantung banyaknya file, data bahkan kecepatan hard disk itu sendiri.
4.    Disk Cleanup Windows
Program bawaan Windows ini sangat ampuh dalam hal membersihkan file-file sampah, misalnya log files, file yang masih ada di Recycle Bin, dan Temporary files. File-file tersebut nantinya akan dihapus secara permanen dan efeknya tentu membuat Free Space Hard Disk bertambah serta kinerja Windows semakin cepat bahkan booting windows itu sendiri.
5.    Usahakan tidak memakai Anti Virus.
Bukannya tidak berguna sebuah program Anti virus itu sendiri, tapi coba kalian perhatikan sendiri, pernahkah kalian slalu scan sistem setiap seminggu sekali atau sebulan sekali ??. jika tidak, ngapain harus dipasang program Anti Virus. Bukankah Windows sudah menyediakan Anti Virus akan tetapi kalian luput menyadarinya. Cara kerja Anti virus toh juga sebagian besar cuman mendeteksi hal-hal yang mencurigakan pada windows, akan tetapi jika sudah terkena Virus langsung, eeh.. si AnVir malah tidak bekerja.
Sesuai namanya, hanya Anti Virus. Kata “Anti” seperti anekdot belaka. Seharusnya “Penghapus” atau “pembunuh Virus. Jadi saran saya, jangan terlalu mengandalkan program Anti Virus apalagi percaya sepenuhnya, percaya itu sama Tuhan, jangan sama yang begituan.. hehe #justkidd. “Bukannya hilang itu virus malah bikin lemot kinerja Windows”.

Ya memang 1001 cara dapat kita gunakan untuk percepat kinerja windows 7, akan tetapi 5 hal diatas tersebut terbukti ampuh selain dalam hal percepat kinerja windows juga dalam mempersingkat proses booting karena proses booting itu sendiri dipengaruhi dengan kinerja sistem windows dan atau pc itu sendiri. Jika ada yang masih bingung, bisa ditanyakan dibawah guys.

cara mengoptimalkan booting windows 7 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar

Komentarlah dengan bijak dan bahasa yang santun. NO SARA !